i n s p i r a t i n g

Tahbisan Uskup Bandung di Sabuga

Posted on: July 17, 2008

Halaman ini ada karna aku begitu terpesona dalam melewati detik-detiknya. Dari pojok kiri panggung, aku dan peserta paduan suara lainnya telah ikut membuat peristiwa iman ini menjadi begitu indah.

Disini, akan kuceritakan sebagian tentangnya…

Rabu kemarin, 16 Juli 2008, Keuskupan Bandung menggelar rangkaian acara pentahbisan Mgr Johannes Pujasumarta yang akrab dipanggil Rama Puja (baca: Romo Puja), sebagai Uskup Bandung. Upacara yang terbilang langka ini dihadiri sekitar enam ribu umat Katolik. Umat yang datang bukan hanya dari Bandung, melainkah dari berbagai wilayah termasuk Garut, Purwakarta, Cigugur, Bogor dan lainnya. Paduan suara yang berjumlah kurang lebih 400 (termasuk anak-anak), merupakan gabungan dari berbagai kelompok/wilayah juga membuktikan betapa panitia ingin mempersembahkan yang terbaik untuk misa pentahbisan ini.

Rangkaian acara telah dimulai sejak Selasa 15/7/2008, di Gereja Katedral Santo Petrus Jalan Merdeka No.14, Bandung, dalam Ibadat Agung (Salve). Dan Rabu petang 16 Juli 2008, digelar Misa Pentahbisan di Sasana Budaya Ganesha, yang merupakan upacara pelantikan secara resmi oleh Mgr. Leopoldo Girelli, Duta Besar Takhta Suci Vatikan.

Rama Puja yang memiliki nama lengkap Mgr Johannes Maria Trilaksyanto Pujasumarta, dilahirkan di kota Solo, Jawa Tengah, 27 Desember 1949. Rama Puja sebelumnya menjabat Vikaris Jenderal (Wakil Uskup) Keuskupan Agung Semarang. Kesederhanaan dan ketulusannya memberi kesan mendalam bagi banyak orang. Dia selalu mengikutsertakan sebanyak mungkin orang dalam karya-karyanya, entah dalam suatu tim yang ‘sah’ maupun ‘sekedar‘ kumpulan para relawan. Dia juga dikenal sebagai sosok pecinta anak-anak.

Upacara pentahbisan dipimpin oleh Kardinal Julius Darmaatmadja SJ, Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, Uskup Agung Semarang dan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia. Karena Tahbisan Uskup adalah peristiwa iman gereja, maka seluruh umat diajak untuk berdoa, agar Keuskupan Bandung menjadi tanda persaudaraan, kerukunan dan perdamaian. Misa tahbisan berjalan dengan khidmad. Nyanyian, doa dan kata demi kata yang melantun pun telah menjadi berkat istimewa bagi seluruh umat yang hadir saat itu. Sungguh menakjubkan, Tuhan berkarya lewat Mgr Johannes Pujasumarta, yang memiliki motto :DUC IN ALTUM yang artinya ‘Bertolahlah ke tempat yang dalamini.

Dasar kuat kehidupan rohani keluarga, mengantarkan Romo Johannes Pujasumarta masuk ke dalam pelbagai wilayah pelayanan yang ditugaskan kepadanya. Kini dataran tinggi Perahyangan telah menyambut kedatangannya dengan berjuta HARAP.

Mgr. Johannes Maria Trilaksyanto Pujasumarta,

selamat datang dan PROFICIAT…!

11 Responses to "Tahbisan Uskup Bandung di Sabuga"

i wish i had been there…

liebe said : d’ next ajalah ya.a.. padahal dr bulan lalu udah kukirim undangan khusus tp dikau yang tak datang

wahhhh… saya kecolongan komentar pertama.. tapi gpp deh…
keduaxx…..!!!!
Andai saja aku bisa ikut….

liebe said : agh.h…kirain kecolongan apa. ntah hapa-hapa lah kau ini agh… 🙂

oo… ini toh acara yang buat edaQ sibuk banget kemaren??🙂

liebe said : he…he…he…tapi kok setelah acara ini slsai, aku ngerasa tetep sibuk ya..? sOK SIBUK kali yee.e…

@liebe:
ya ga pa lah kan kak? hihihihi….

liebe said : iya dek…he..he..he

Walah kirain ecka yang ditasbihkan hihihi.. sukses trus pelayanannya ya

liebe said : Begh.h…kalo aku ditasbihkan, gimana nasib si Zalukhu…? hi..hi..hi

eh ada anak bandung… *lirik2*
mau ke bandung nehh tgl 25 juli😀

liebe said : ketemuan yukz.z…. ngapain di bandung..?

trus.. trus.. gmn critany lg?
masa sih cmn itu aj.. he.he.

liebe said : trus…trus…ya gitulah…udah lengkap kalipun kmrin kuceritakan…agh…abis pulsa tapi si indra ga ngerti2…

‘DUC IN ALTUM‘ <- mohon pencerahannya bu…😀

Selamat utk keuskupan bandung yah. .dapat ‘ompung’ baru… Pengen jg sekali2 gereja di katedral bandung.. kerenan mana yah ama katedral sini?? hehehe…

liebe said : Ya katedral bandunglaaahhhh…hihihi

@liebe
yakin nih??? emang dah pernah gereja di katedral jakarta??😛 Cagar Budaya tuh.. classic bangat… apalagi kipas nya itu.. hihihi.. tetap original..😀

liebe said : bah..maap..maap…kukira bukan di jkt…ha ha ha. Ktdral jkt? ku akuilah…

salam kenal, saya admin wijayanews.multiply.com. kemarin ada seorang ibu yang mencari foto anaknya yang bernama Bagas, penyanyi AFI junior. beliau kemarin pas tahbisan ambil gambar anaknya tetapi entah kemana gambar itu hilang terhapus dari memori kamera. adakah anda memunyai dokumentasi foto anak yang dimaksud? mohon dibantu kalau memang ada. terima kasih.

Alo Liebe, lam kenal.
Punya FB?
kalo sempat tag photo2 beliau donk…
supaya ngga blank.
trims b4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

me, myself and i

I'm just an ordinary human being, living in Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

I'm who I am and I'm proud to be me.

Smart Promo


Produk SMART Telecom

Toko Buku Online


Masukkan Code ini K1-A4F93A-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

All Memories

July 2008
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 16,677 hits
%d bloggers like this: