i n s p i r a t i n g

Euro 2008: Jerman vs Polandia

Posted on: June 12, 2008

Tim nasional sepakbola Jerman tergabung dalam grup B di Euro 2008, bersama tuan rumah Austria, Kroasia dan Polandia. Pada pertandingan pertama Jerman menghadapi negara tetangganya Polandia. Jerman sepertinya masih terlalu kuat bagi tetangganya Polandia. Bersua dalam laga kedua Euro 2008 Grup B, Jerman unggul 2-0 lewat gol ganda sumbangan Lukas Podolski. Hasil ini membawa Jerman melampaui Kroasia dan merebut puncak pimpinan klasemen Grup B dengan nilai tiga. Angka yang sama juga dikoleksi Kroasia, namun Jerman masih unggul dalam selisih gol.

Berdasarkan statistik pertandingan dari soccernet.com, sebenarnya Polandia lebih menguasai pertandingan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan shoots dan time of possession yang lebih banyak dari Jerman. Akan tetapi serangan Jerman lebih berbahaya dan lebih efisien dibandingkan dengan Polandia.

Sumber: soccernet.com.

Ada hal menarik pada pertandingan ini. Lukas Podolski, pemain Jerman berusia 23 tahun, merupakan pemain kelahiran Polandia. Meskipun dia adalah pencetak 2 gol ke gawang Polandia, tidak ada ekspresi kegembiraan dalam wajah Podolski disaat merayakan golnya ke gawang Polandia. Ketika pendukung Der Panzer bersorak gembira, Podolski hanya menundukkan kepala seolah-olah dia telah berbuat salah.

“Ayah, paman dan kerabat-kerabatku berasal dari Polandia. Saya tak mungkin merayakannya karena saya lahir di Polandia. Saya punya keluarga besar di sana, dan Anda harus menunjukkan rasa hormat pada negeri asal,” ujar striker Bayern Munich itu seperti dikutip Reuters, Senin (9/6/08).

Podolski lahir di Gliwice, Polandia, 23 tahun silam. Ia migrasi ke Jerman Barat saat berumur dua tahun. Bakatnya menggocek bola diturunkan dari sang ayah, yang merupakan seorang pesepakbola profesional.

Kemampuannya berkembang pesat di negeri baru. Di usia yang sangat muda, ia sudah menyedot perhatian banyak orang, tak terkecuali pengamat dari tanah asalnya. Pada 2003, sejumlah media Polandia menyarankan pelatih Pawel Jenas agar memboyong sang bintang muda ke Tim Putih Merah. Podolski sebetulnya tertarik, namun Jenas malah menutup pintu. Ia menyatakan Polandia tak kekurangan stok penyerang tangguh.

Mungkin Jenas kelak menyesali keputusannya itu. Sebab tak lama kemudian, Podolski dilamar masuk ke timnas Jerman. Ia turut serta di Euro 2004 dan Piala Dunia 2006. Namanya meroket dalam sekejap. Di turnamen yang disebut belakangan, ia dianugerahi pemain muda terbaik.

Sebagai informasi tambahan, malam ini, Jerman akan menghadapi Kroasia. Sepertinya Jerman akan lebih sulit mengalahkan Kroasia, karena Kroasia merupakan tim yang solid dan pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia 1998, dengan skor telak 3-0.

[detiksport.com]

4 Responses to "Euro 2008: Jerman vs Polandia"

makin seru juga ya, wah si neng ini terus ngikutin berita ini ya
semangat ya

Yo i, coy…! Tapi jerman semalam kurang beruntung, kali aja udah grogi duluan krn Kroasia trlalu semangat.. 🙂

jerman ga lolos gpp deh hehe peace mbak becanda😀
aku tetep italy aja deh😀
salam kenal yah..

*Yudi : Italy ga lolos ga papa deh, Mas…he he he (balik menyela, hi..hi..hi)…tp kita tunggu aja endingnya yah…lam kenal juga lah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

me, myself and i

I'm just an ordinary human being, living in Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

I'm who I am and I'm proud to be me.

Smart Promo


Produk SMART Telecom

Toko Buku Online


Masukkan Code ini K1-A4F93A-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

All Memories

June 2008
M T W T F S S
« May   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 16,677 hits
%d bloggers like this: