i n s p i r a t i n g

Untung Rugi Arisan di zaman modern

Posted on: June 6, 2008

arisanArisan sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat kita. Tapi banyak dari kita yang memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang arisan. Apa sih untung dan ruginya kalau kita ikut arisan? Bukankah pandangan banyak orang arisan itu hanya untuk alasan ibu-ibu untuk ngerumpi?

Dalam perkembangan, arisan tak hanya diartikan sebagai ajang kumpul-kumpul sosialisasi. Sekarang arisan sudah berkembang luas. Arisan adalah kegiatan kumpul-kumpul yang dilakukan oleh sejumlah orang, yang disertai juga dengan “kumpul-kumpul” uang atau benda lain yang disepakati bersama dengan nilai tertentu.

Apa untung ruginya ikut arisan? Oke kita bahas Untungnya dulu ya?

1. Kesempatan untuk melakukan sosialisasi dan memperluas jaringan

Lewat arisan tentunya kita bisa mengenal satu dengan yang lain, kita akan lebih akrab dengan sesama peserta arisan. Hubungan yang lebih baik ini dapat memudahkan juga urusan-urusan kita lainnya di luar, yang berkaitan dengan sesama peserta arisan. Misal di kantor, pertemuan yang tidak resmi itu bisa menjadikan sesama peserta menjadi lebih akrab & hubungan semakin baik dalam pekerjaan. Mengapa arisan dapat memperluas jaringan? Ini juga bisa terjadi, kalau peserta arisan lainnya memperkenalkan Anda dengan teman atau relasinya, yang misalnya ikut diajak menghadiri arisan. Anda jadi tambah kenalan, yang siapa tahu berguna bagi Anda saat ini atau mungkin di masa mendatang. Apapun, dari segi sosialisasi, sangat banyak yang bisa Anda lakukan dengan menghadiri suatu arisan.

2. Kepastian mendapatkan uang atau barang yang jelas nilainya dalam jangka waktu tertentu

Dengan mengikuti arisan, kita jadi dapat memperkirakan, berapa waktu maksimal yang kita butuhkan untuk memperoleh uang atau barang dalam jumlah tertentu. Ini tentunya memudahkan kita dalam membuat perencanaan pengeluaran.

3. Dapat digunakan sebagai sarana untuk “memasarkan sesuatu”.

Kalau kita hobi punya barang-barang yang bisa dijual, coba bawa barang itu pada saat arisan. Siapa tahu, peserta arisan yang lain tertarik untuk membelinya. Ini adalah cara pemasaran yang cukup menarik, karena mungkin saja ada faktor “sungkan” dari peserta arisan sehingga membeli barang kita. Ingat lo, itu hanya mungkin, artinya belum pasti, dan kalaupun ada rasa sungkan itupun jangan sampai kita manfaatkan secara berlebihan. Lama-lama, dari sungkan jadi “sebel”.

4. Jika mendapat undian di awal periode arisan, berarti Anda mendapat pinjaman tanpa bunga

Nah, kalau ini termasuk jenis keuntungan yang tidak pasti, karena namanya undian, kita tidak tahu kapan akan mendapatkannya, di awal, tengah, atau akhir periode arisan. Tapi, kalau kita mendapatkannya di awal, ini lebih menguntungkan dibanding pinjam uang dari bank misalnya, atau pihak manapun yang biasanya meminta pengembalian berupa bunga.

5. Sarana “berlatih” menabung

Nah, kalau yang ini, khusus bagi yang sulit atau belum terbiasa untuk menabung (contohnya saya, he..he). Ikut arisan adalah pilihan yang baik. Mau tidak mau, kita “dipaksa” untuk menyisihkan uang atau barang tertentu pada periode tertentu dan melatih kita untuk lebih merencanakan segala sesuatu dengan lebih matang. Tapi, kalau kita sudah disiplin menabung, ya tidak usah ikut arisan kalau motivasinya hanya latihan menabung, kan sudah pintar? Bener nggak…?

Semoga bermanfaat…ini bukan hanya untuk perempuan loh, karna di kantor-ku saat ini, ada 4 pria yang bergabung di arisan-ku yang baru saja dimulai 2 bulan lalu..

10 Responses to "Untung Rugi Arisan di zaman modern"

bisa juga sebagai sarana ‘markombur’.. he.he..

ha.ha.ha..tambahan ya..
bisa jg untuk sarana “inang-inang parhusip..”🙂

peace…

Dimana dua ato tiga orang ina2 ngumpul disitu pasti gak ada ama2
ahahaha… gak nyambung

hahaha.. setuju sama rafael!!🙂

* indra : Indra banget.t.t… 🙂

* rafaeltrisno : Jangan salah ‘amang-amang panggosip’ juga udah merajalela loh di laguboti🙂

* Manik : Ya iyalah…wong ‘ina-ina’ nya lagi ganti baju..ha..ha

* Rama : Hidup rama..!

Intinya, ikut arisan ga ada ruginya ya ?🙂
Cuma agak parno aja, kalo ‘bandar’nya nakal.. duitnya amblas😦

* Jiewa : Ada juga sih ruginya..tp nti akan dibahas di edisi lain. kalo soal bandar nakal, kalo di aku ngumpul duit tgl 1 langsung undi hari itu juga. Jadi duitnya nginep di bandar..he he he

hahaha… lucu-lucu commentnya. Tapi biasanya sih arisan selalu bawa masalah😛

* Andos : mslah bingung ngabisin duitnya ya kalo udah cair..? bagi2 aja kesini..ha..ha..ha

yg namanya nabung, pastinya bagus. mau bagaimana bentuknya juga.
lihat2 weblogku juga ya di ryssmartsaving.blogspot.com. banyak hal tentang menabung dikupas di sana.😉

c u..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

me, myself and i

I'm just an ordinary human being, living in Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

I'm who I am and I'm proud to be me.

Smart Promo


Produk SMART Telecom

Toko Buku Online


Masukkan Code ini K1-A4F93A-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

All Memories

June 2008
M T W T F S S
« May   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 16,677 hits
%d bloggers like this: